Welcome !

Hello ! Welcome to my Blog :) . .

Senin, 26 Maret 2012

Hari Raya Nyepi caka 1934


Hari Raya Nyepi caka 1934
Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka.Di tahun 2012 ini umat hindu merayakan Hari Raya Nyepi caka 1934.Adapun rangkaian hari raya nyepi yaitu :
1.    Melasti : Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) di arak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

2.    Pengrupukan : Upacara pengerupukan, yaitu menyebar-nyebar nasi tawur, mengobori-obori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul benda-benda apa saja (biasanya kentongan) hingga bersuara ramai/gaduh. Tahapan ini dilakukan untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan rumah,pekarangan, dan lingkungan sekitar. Pengrupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan atau simbol Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

3.    Nyepi : Keesokan harinya, yaitu pada 'pinanggal pisan,sasih Kedasa (tanggal 1,bulan ke-10), tibalah Hari Raya Nyepi. Pada hari ini suasana seperti mati.Tidak ada kesibukan aktifitas seperti biasa. Pada hari ini umat Hindu melaksanakan "Catur Brata Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak menghibur diri). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa,brata,yoga dan semadhi.
4.    Ngembak Geni : Rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka adalah hari Ngembak Geni yang jatuh pada "pinanggal ping kalih" (tanggal 2) sasih kedasa (bulan X). Pada hari ini Tahun Baru Saka tersebut memasuki hari kedua. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih.

Foto-foto :
Ogoh-ogohnya siap untuk dibakar


Para pemudi berjalan pada barisan depan sambil membawa obor

Suasana Nyepi di Abiansemal.Foto ini saya ambil sambil menaiki tembok.
Anak-anak juga ikut berpartisipasi dalam pawai Ogoh-ogoh




1 komentar:

  1. hahaha...
    unik ngga ada hujan disana, di rumah malah deras banget. nah kanggoang momen setahun sekali. kalau bisa fotonya jangan sizenya jangan besar-besar, soalnya bikin mbed loadnya.

    BalasHapus